4 Cara Memasak Jagung Muda yang Lezat di Rumah

 

Jagung muda, atau yang biasa dikenal dengan sebutan baby corn adalah salah satu jenis sayuran yang cukup disukai. Jagung putri, jagung semi atau tongkol jagung adalah nama lain bagi jagung muda. Disebut baby corn sebab jagung ini dipanen pada saat masih muda, dan tentunya belum tumbuh biji. Selain rasanya yang khas, manfaat jagung ternyata juga memiliki berbagai kandungan baik yang berguna bagi kesehatan.

Salah satunya adalah zat tiamin, yang berperan aktif untuk menjaga ingatan pada otak manusia. Jagung muda juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, sebab kaya akan kandungan folat yang dapat membantu tumbuh kembang bayi di kandungan serta mencegah bayi terlahir cacat. Bagi kamu yang tertarik untuk mengonsumsi jagung muda, berikut 9 cara memasak jagung muda yang tentunya praktis dan mudah dipraktekkan di rumah.

Ini cara memasak jagung muda yang praktis di rumah

1. Merebus

Ini tentu cara yang paling populer sekaligus paling mudah untuk dilakukan. Ya, kamu bisa mengolah jagung muda agar siap dimakan dengan cara merebusnya. Tipsnya, panaskan air dan tunggu hingga benar-benar mendidih untuk memasukkan jagung muda.

Rebus sebentar saja, tusuk dengan garpu untuk memastikan jagung telah matang. Tambahkan sedikit garam ketika merebus, jangan sebelum air mendidih karena garam bersifat memperlambat proses kenaikan suhu. Tiriskan ketika jagung empuk, namun masih tersisa kesegarannya dengan tekstur yang sedikit renyah. Jika suka, boleh tambahkan mentega cair untuk memperkuat rasa gurih dari jagung muda.

2. Memblansir

Cara memasak jagung muda ini kerap dilakukan di restoran besar ataupun hotel, sebagai trik agar sayuran yang disajikan tetap terlihat menarik tanpa menghilangkan citarasa aslinya. Sedikit mirip dengan merebus, namun terdapat perbedaan khusus. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan air untuk merebus dan semangkuk air es. Panaskan air untuk merebus hingga mendidih, lalu masukkan jagung muda.

Tidak perlu terlalu lama, 15 detik saja sudah cukup. Segera setelah ditiriskan, masukkan jagung muda yang telah direbus tadi ke dalam mangkuk berisi air es. Air es akan menghentikan proses pematangan, sehingga jagung muda tidak akan menjadi terlalu lunak. Hasilnya, jagung muda akan terlihat cantik dengan tekstur crunchy yang segar.

3. Mengukus

Bedanya dengan merebus, jagung muda tidak bersentuhan langsung dengan air, melainkan hanya terkena uap panas yang dihasilkan dari rebusan air. Cara memasak jagung muda ini relatif lebih disukai sebab kita bisa mengecek tingkat kematangan jagung secara mudah dibanding dengan cara merebus. Untuk memperkuat rasa, kamu bisa mengolesi jagung muda dengan mentega ataupun minyak zaitun.

4. Menumis

Cara yang satu ini tentu sudah tak asing. Biasanya, cara ini digunakan untuk mengolah jagung muda bersama sayuran lainnya menjadi menu makanan tertentu, seperti capcay. Panaskan minyak sayur, kemudian masukkan jagung muda. Pastikan untuk tidak menumisnya terlalu lama agar jagung muda tidak kehilangan tekstur renyah serta zat gizi yang terkandung di dalamny

Ingin coba cara memasak jagung muda ini? Yuk, pesan jagung muda dan sayuran segar lainnya di TaniHub!

Nah, itu dia 9 cara mengolah jagung muda yang praktis untuk dilakukan di rumah. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, pesan jagung muda dan sayuran favoritmu dengan mudah hanya di TaniHub!

Tanihub merupakan platform e-commerce yang menawarkan produk dari para petani lokal yang ingin menjual hasil panen mereka langsung ke pembeli. Selain membantu para petani lokal, Anda juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau langsung dari petaninya.

Bukan hanya ikan nila, Kamu juga dapat membeli aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, kebutuhan masak hingga sembako. Lengkap bukan? Yuk belanja di TaniHub ?