Mengenal Beragam Jenis Bagian Daging Sapi dan Bermacam Model Potongannya

Daging sapi menjadi salah satu bahan masakan yang cukup banyak digunakan, apalagi daging bisa diolah menjadi beragam jenis olahan. Mulai dari soto, rendang, rawon, sampai dengan steak daging sapi yang nikmat. Penjual daging sapi sendiri mudah ditemukan baik pada pasar tradisional ataupun berbagai swalayan modern. Harganya yang terbilang lebih tinggi dari jenis daging lainnya, tidak membuat permintaan dipasaran berkurang. Bahkan setiap harinya pedagang ramai dengan masyarakat yang menginginkan daging sapi untuk dijadikan dalam berbagai masakan. Bagi Anda yang akan mengolah daging sapi, sudah tahukah jika masing-masing bagian itu berbeda?

Beragam Jenis Bagian Daging Sapi

Mengetahui bagian dari daging sapi sebelum memasak itu sangat penting, karena masing-masing masakan tidak bisa menggunakan daging yang sama. Misalnya untuk soto bagusnya daging bagian apa, untuk steak berbeda apalagi untuk rendang. Hal itu akan mempengaruhi dari kenikmatan masakan sendiri, makanya sebelum membeli dan mengolah bisa pahami terlebih dahulu. Berikut ini ada sederet bagian daging yang perlu diketahui yaitu:

1. Sengkel.

Bagian depan atas pada kaki sapi, umumnya bagian daging yang satu ini cocok untuk dijadikan olahan sup, bakso urat ataupun berbagai jenis soto.

2. Has dalam.

Dalam dunia persteakan ini disebut dengan tenderloin, bagian daging tengah badan sapi sehingga tekstur yang dimiliki cukup lembut dan empuk sehingga sering dijadikan steak.

3. Has luar.

Kebalikan dari sebelumnya, ini merupakan bagian bawah daging iga hingga luar, lebih dikenal dengan sirloin. Cocok juga untuk dijadikan olahan steak dengan tesktur yang berbeda dengan sebelumnya.

4. Sandung lamur.

Bagian sapi yang ada pada kisaran dada bawah sampai dengan ketiak, ini sering dijadikan dalam berbagai jenis masakan berlemak, apalagi makanan khas Padang.

5. Tetelan.

Sebutan untuk daging sisa yang masih melekat pada tulang sapi, umumnya terdiri dari daging campuran seperti lemak, urat ataupun yang lain. Cocok untuk dijadikan sup tetelan bisa juga rawaon atau masakan berkuah lainnya.

6. Tanjung.

Ada pada sekitar punggung sapi dari bagian belakang dengan tekstur yang cocok untuk dijadikan sate daging sapi.

7. Gandik.

Sebutan untuk daging sapi yang ada pada bagian paling luar paha belakang, tekstur kenyal dan otot dan minim lemak. Bisa dijadikan abon sapi ataupun dendeng balado yang nikmat.

Beragam Jenis Potongan Daging Sapi

Pernah mendapati olahan daging sapi yang nikmat namun masih alot atau keras? Ya, selain proses memasak yang salah ternyata kemungkinan lainnya adalah potongan daging sapi yang tidak sesuai. Jangan salah, ternyata jenis potongan daging mempengaruhi keras lunaknya daging. Inilah kenapa penting mengenal beragam jenis potongan daging sapi sebelum mengolah, antaranya:

  1. Fillet yang umumnya untuk bagian luar atau daging has luar, dipotong berlawanan arah supaya tidak keras.
  2. Cubes yang merupakan potongan biasa untuk pengambilan bagian topside, short rib, chucks tender, rumps atau shin.
  3. Chop atau sering disebut pula dengan cincang kasar, umumnya pada daging dan tulang empuk.
  4. Mince atau potongan cincang halus seperti layaknya mesin penggilingan.

Diatas merupakan sedikit dari sekian banyak jenis potongan daging yang bisa Anda kenali sebelum membeli dan memasak daging sapi. Pastikan jika Anda selalu membeli daging yang segar karena akan mempengaruhi rasa dan tekstur setelah diolah. Jika kehabisan bahan segar di dapur, bisa belanja saja lewat TaniHub. Segala jenis kebutuhan dapur bisa didapatkan secara lebih mudah melalui TaniHub yang menyediakan produk berkualitas namun tetap murah, yuk belanja di TaniHub sekarang.